Dalam tutorial ini kita akan membuat sebuah game aritmatika sederhana menggunakan flash. Anda dapat menggunakan Macromedia Flash 8 atau Adobe Flash CS 3 dalam pembuatannya.
In this tutorial, we will create asimple arithmetic flash game. You can use Macromedia Flash 8 or Adobe Flash CS 3.
Langkah 1: Buka sebuah file baru dengan ukuran default (550 x 440) , ubah warna background menjadi hijau. Buatlah sebuah tulisan judul "Online Test". Selanjutnya buatlah sebuah kotak berwarna merah dengan garis tepi putih. Perhatikan Gambar.
1st Step: Open a new file with the default size (550 x 440), change the background color to be green. Create a title with a text and type "Online Test". Then make a box with a red as a fill color and white as a stroke color. See a picture.

Langkah 2 : Tambahkan di atas kotak merak tersebut dynamic text dan beri nama variabelnya "angka_1", Copy dynamic text tersebut dan pastekan di sampingnya, ubah nama variablenya menjadi "angka_2", sisipkan ditengah-tengahnya tanda tambah menggunakan static teks dan tanda sama dengan setelah teks angka_2. Kemudian buat lagi input teks dengan nama variabelnya "jawab", beri juga nama instance namenya dengan nama "answerBox" dan pilih "show border around text". Perhatikan gambar
2nd step : Add a dynamic text above red box and name it variable with "angka_1", Copy text, and paste a dynamic , change the variable name to "angka_2", Add a plus symbol with static text between two dynamic texts and also add a equal symbol after a second dynamic text, then make input text with variable name "jawab", also give the instance name with "answerBox" and select "show border around text". See a picture

Langkah 3 : buat 2 buah tombol di bawah kotak merah masing-masing dengan nama tombol random dan tombol check.
3rd step: create 2 button below the red box and name with a random button and check button.
Langkah 4 : Buat sebuah movie clip dari static teks, misalnya "Correct Answer", beri nama instancenya "true_answer". Klik 2 kali movie clip tersebut untuk masuk ke area movie clip "true_answer", Klik frame 1, tahan dan geser ke frame 2, sehingga tidak ada objek di frame 1, lalu klik frame 10, klik kanan dan pilih insert keyframe. kembali ke frame 1 tekan tombol F9 dan masukkan kode berikut:
stop();
4th step: Create a movie clip from the static text,for example "Correct Answer", give the instance name with "true_answer". Click 2 times thisthe movie clip into movie clip area "true_answer", Click frame 1, hold and slide to the frame 2, so there is no object in the frame 1, then click on frame 10, right-click and select insert keyframe. Back to frame 1 and press F9 key and enter the following code:
stop ();

Langkah 5 : Ulangi langkah 4 untuk jawaban yang salah, namun tulisannya adalah "Wrong Answer, try again". beri nama instancenya "wrong_answer".
5th step : Repeat step 4 for the wrong answers, but the letter is "Wrong answer, try again". give instance name with "wrong_answer".
Langkah 6 : Kembali ke stage utama, tambahkan sebuah layer action, klik frame 1 layer action dan masukkan action script berikut:
6th Step: Back to the main stage, add a layer action, click action layer frame 1 and enter the following action script:
problem();
function problem() {
var _loc1 = 2+random(8);
var _loc2 = 2+random(8);
angka_1 = Math.floor(_loc1);
angka_2 = Math.floor(_loc2);
jawab = "";
Selection.setFocus(_root.answerBox);
stage.focus = _root.answerBox;
_root.answerBox.setSelection(0, 1);
}
function check_answer() {
if (angka_1+angka_2 == jawab) {
true_answer.play();
problem();
} else {
wrong_answer.play();
Selection.setFocus(_root.answerBox);
}
}
Langkah 7 : Klik tombol random dan masukkan action script berikut:
7th step : Click a random button and enter the following code:
on (press) {
problem();
}
Langkah 8: Klik tombol check dan masukkan action script berikut:
8th step : Click a check button and enter the following code:
on (press) {
check_answer();
}
In this tutorial, we will create asimple arithmetic flash game. You can use Macromedia Flash 8 or Adobe Flash CS 3.
Langkah 1: Buka sebuah file baru dengan ukuran default (550 x 440) , ubah warna background menjadi hijau. Buatlah sebuah tulisan judul "Online Test". Selanjutnya buatlah sebuah kotak berwarna merah dengan garis tepi putih. Perhatikan Gambar.
1st Step: Open a new file with the default size (550 x 440), change the background color to be green. Create a title with a text and type "Online Test". Then make a box with a red as a fill color and white as a stroke color. See a picture.
Langkah 2 : Tambahkan di atas kotak merak tersebut dynamic text dan beri nama variabelnya "angka_1", Copy dynamic text tersebut dan pastekan di sampingnya, ubah nama variablenya menjadi "angka_2", sisipkan ditengah-tengahnya tanda tambah menggunakan static teks dan tanda sama dengan setelah teks angka_2. Kemudian buat lagi input teks dengan nama variabelnya "jawab", beri juga nama instance namenya dengan nama "answerBox" dan pilih "show border around text". Perhatikan gambar
2nd step : Add a dynamic text above red box and name it variable with "angka_1", Copy text, and paste a dynamic , change the variable name to "angka_2", Add a plus symbol with static text between two dynamic texts and also add a equal symbol after a second dynamic text, then make input text with variable name "jawab", also give the instance name with "answerBox" and select "show border around text". See a picture
Langkah 3 : buat 2 buah tombol di bawah kotak merah masing-masing dengan nama tombol random dan tombol check.
3rd step: create 2 button below the red box and name with a random button and check button.
stop();
4th step: Create a movie clip from the static text,for example "Correct Answer", give the instance name with "true_answer". Click 2 times thisthe movie clip into movie clip area "true_answer", Click frame 1, hold and slide to the frame 2, so there is no object in the frame 1, then click on frame 10, right-click and select insert keyframe. Back to frame 1 and press F9 key and enter the following code:
stop ();
5th step : Repeat step 4 for the wrong answers, but the letter is "Wrong answer, try again". give instance name with "wrong_answer".
6th Step: Back to the main stage, add a layer action, click action layer frame 1 and enter the following action script:
problem();
function problem() {
var _loc1 = 2+random(8);
var _loc2 = 2+random(8);
angka_1 = Math.floor(_loc1);
angka_2 = Math.floor(_loc2);
jawab = "";
Selection.setFocus(_root.answerBox);
stage.focus = _root.answerBox;
_root.answerBox.setSelection(0, 1);
}
function check_answer() {
if (angka_1+angka_2 == jawab) {
true_answer.play();
problem();
} else {
wrong_answer.play();
Selection.setFocus(_root.answerBox);
}
}
Langkah 7 : Klik tombol random dan masukkan action script berikut:
7th step : Click a random button and enter the following code:
on (press) {
problem();
}
Langkah 8: Klik tombol check dan masukkan action script berikut:
8th step : Click a check button and enter the following code:
on (press) {
check_answer();
}
Silahkan test movie, jika langkah di atas benar, maka hasilnya adalah sebagai berikut
Try to test movie, if the above steps correctly, the results are as follows:
var jawab = answerB0x.text;
jadi srcip di check button :
on(press){
var jawab = answerBox.text;
cek_answer()
}
jadi srcip di check button :
on(press){
var jawab = answerBox.text;
cek_answer()
}
Tuk yg kasih bantuan di atas terima kasih banyak, sy pemilik blog ini gk nyangka komentnya byk kyk gini..
btw, yg minta jelasin makna tiap script, sy coba jelasin yaa... mudahan bisa dimengerti
problem();-----(fungsi buat problem dijalankan pertama kali load)
function problem()----(membuat fungsi problem) {
var _loc1 = 2+random(8);----(merandom bilangan pertama dgn var _loc1 dengan nilai awal 2 dan berakhir di angka 10 (2 + 8 = 10)
var _loc2 = 2+random(8); ----(sama kyk di atas)
angka_1 = Math.floor(_loc1);----- (melakukan pembulatan ke bawah bilangan random tadi.. misal 2,35, jadi 2.. klo 5,67 jadi 5)
angka_2 = Math.floor(_loc2);---sama kyk di atas
jawab = "";----------mengosongkan nilai jawab pertama kali
Selection.setFocus(_root.answerBox)
stage.focus = _root.answerBox;
_root.answerBox.setSelection(0, 1); ----- (memfokuskan kursor pada kotak jawab);
}
function check_answer() {
if (angka_1+angka_2 == jawab) { ----fungsi jika angka1+angka2 sama dengan jawab maka akan diteruskan
true_answer.play();------mv clip tru answer play
problem();-----fungsi problem kembali dijalankan
} else {---------- jika tidak benar
wrong_answer.play();----mv clip wrong answer dijalankan
Selection.setFocus(_root.answerBox);------sudah dijelaskan di atas..
}
}
btw, yg minta jelasin makna tiap script, sy coba jelasin yaa... mudahan bisa dimengerti
problem();-----(fungsi buat problem dijalankan pertama kali load)
function problem()----(membuat fungsi problem) {
var _loc1 = 2+random(8);----(merandom bilangan pertama dgn var _loc1 dengan nilai awal 2 dan berakhir di angka 10 (2 + 8 = 10)
var _loc2 = 2+random(8); ----(sama kyk di atas)
angka_1 = Math.floor(_loc1);----- (melakukan pembulatan ke bawah bilangan random tadi.. misal 2,35, jadi 2.. klo 5,67 jadi 5)
angka_2 = Math.floor(_loc2);---sama kyk di atas
jawab = "";----------mengosongkan nilai jawab pertama kali
Selection.setFocus(_root.answerBox)
stage.focus = _root.answerBox;
_root.answerBox.setSelection(0, 1); ----- (memfokuskan kursor pada kotak jawab);
}
function check_answer() {
if (angka_1+angka_2 == jawab) { ----fungsi jika angka1+angka2 sama dengan jawab maka akan diteruskan
true_answer.play();------mv clip tru answer play
problem();-----fungsi problem kembali dijalankan
} else {---------- jika tidak benar
wrong_answer.play();----mv clip wrong answer dijalankan
Selection.setFocus(_root.answerBox);------sudah dijelaskan di atas..
}
}
Description: Membuat game flash matematika sederhana / how to make a simple math flash game
Rating: 4.5
Reviewer: Pak Sam
ItemReviewed: Membuat game flash matematika sederhana / how to make a simple math flash game
Posted by:Mbah Qopet
Admin Pembelajar Updated at: 13.13
0 comments
Posting Komentar