Pendekatan Pembelajaran Matematika



A. MACAM-MACAM PENDEKATAN

Pendekatan konstruktivisme

Pendekatan konstruktivisme merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang lebih menekankan pada tingkat kreatifitas siswa dalam menyalurkan ide-ide baru yang dapat diperlukan bagi pengembangan diri siswa yang didasarkan pada pengetahuan.

Pendekatan Problem solving
Melalui pendekatan ini siswa dimungkinkan untuk memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang sudah dimiliki untuk diterapkan pada pemecahan masalah yang bersifat tidak rutin.




 Pendekatan Open-Ended

Pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended diawali dengan memberikan masalah terbuka kepada siswa. Kegiatan pembelajaran harus mengarah dan membawa siswa dalam menjawab masalah dengan banyak cara serta mungkin juga dengan banyak jawaban (yang benar), sehingga merangsang kemampuan intelektual dan pengalaman siswa dalam proses menemukan sesuatu yang baru.

Pendekatan Realistik

Pendekatan realistik merupakan pendekatan pembelajaran yang diupayakan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Pada dasarnya pendekatan realistik membimbing siswa untuk menemukan kembali konsep-konsep materi. Didalam pembelajaran matematika pendekatan realistik ini sangat ditekankan terutama di sistem persamaan linear (aljabar).pendekatan pembelajaran ini hampir sama dengan pendekatan pembelajaran kontekstual masalah yang abstrak dibawa kedalam masalah yang konkrit.

Pendekatan Kontekstual 

Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika dimulai dari konteks kehidupan nyata siswa. Selanjutnya guru memfasilitasi siswa untuk mengangkat objek dalam kehidupan nyata itu ke dalam konsep matematika, dengan melalui tanya-jawab, diskusi, inkuiri, sehingga siswa dapat mengkontruksi konsep tersebut dalam pikirannya. Penerapan pendekatan kontekstual sejalan dengan tumbuh-kembangnya matematika itu sendiri dan ilmu pengetahuan secara umum. Matematika tumbuh dan berkembang bukan melalui pemberitahuan, akan tetapi melalui inkuiri, kontruksivisme,tanya-jawab, dan semacamnya yang dimulai dari pengamatan pada kehidupan sehari-hari yang dialami secara nyata. Pendekatan kontekstual bertujuan membekali siswa dengan pengetahuan yang secara fleksibel dapat diterapkan dari satu permasalahan ke permasalahan lain dan dari satu konteks ke konteks lainnya.

Pendekatan Induktif

Pendekatan induktif merupakan pendekatan yang menggunakan penalaran secara induktif, yaitu proses berfikir untuk menarik kesimpulan yang bersifat khusus ke umum sehingga cara-cara empiris (percobaan) bisa diterapkan.


Penalaran induktif yang dilakukan melalui pengalaman dan pengamatan ada kelemahannya, tidak dapat menjamin kesimpulan berlaku secara umum, oleh sebab itu dipakai induksi matematik sehingga kesimpulan yang ditarik berlaku secara umum. Contoh: banyak himpunan bagian suatu himpunan

selanjutnya download disini...
Description: Pendekatan Pembelajaran Matematika Rating: 4.5 Reviewer: Pak Sam ItemReviewed: Pendekatan Pembelajaran Matematika
Posted by:Mbah Qopet
Admin Pembelajar Updated at: 13.06

1 comments:

Blogroll